Pengembangan Open Distance Learning dengan Menggunakan Moodle


Kini sudah saatnya pembelajaran di Indonesia dikombinasikan dengan e-Learning.

Ternyata tidak sulit untuk membuat sebuah e-learning, apa lagi ada sebuah produk Open Source yang dengan mudah kita dapatkan di situs moodle.org.  Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelum kita membuat sebuah e-learning di sekolah kita masing-masing diantaranya adalah :

  1. Siapkan Silabus dan RPP sehingga kita dapat mengetahui indikator-indikator pencapaian standar kompetensi yang ingin dicapai. dari. Dari Indikator kita siapkan materinya untuk di upload ke Moodle kita.
  2. Dari Silabus dan RPP tadi kita buat sebuah Maping Object / Maping Program yang maksudnya mendata dari setiap indikator kompetensi materi apa yang akan di sajikan dan bentuk/format file nya juga model penilaian apa yang akan kita terapkan untuk keberhasilan pencapaian indikator tersebut, bahkan daftar Glossarynya. Untuk format file tersebut bisa berbentuk file2 Office, pdf, web, file txt, video, sound, gambar dan lain sebagainya.
  3. Setelah Maping Program tadi kita buat, sekarang saatnya kita untuk membuat materinya tentunya harus sejalan dengan maping nya.
  4. Buat LOM (Learning Object Material) yang artinya kita kelompokkan file2 tadi kedalam folder2 tersendiri sesuai dengan jenis filenya. misalkan file pdf kita simpan di folder dengan nama pdf, file video kita simpan di folder dengan nama video mungkin contoh hirarki file nya sebagai berikut :

    nama_materi
    |__image
    |__video
    |__pdf
    |__html
    |__txt
    |__doc
    |__xls
    |__ppt

  5. Setelah selesai membuat LOM baru kita implementasikan di Moodle, adapun cintoh implementasinya akan saya jelaskan dikesempatan mendatang.

About ariemusbandi

Guru Nge-Blog dari SMK Negeri 1 Tebas, Kec. Tebas, Kab. Sambas Prov Kalbar

Posted on 21 Oktober 2009, in Open Distance Learning and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: