Aplikasi Pendukung Pembuatan Konten ODL


Jika Konten yang kita buat menarik, maka siswa kita akan senang membaca konten yang kita buat, pada akhirnya apa yang kita harapkan akan mudah tercapai

ODL akan menjadi lebih bermakna jika kita bisa menyajikan materi dengan baik, mudah dipahami, serta enak dipandang mata. berikut ini akan saya paparkan beberapa aplikasi pendukung pembuatan konten e-Learning.

  1. Microsoft Office / Open Office
    Aplikasi perkantoran ini sangat awam kita gunakan, sebenarnya hanya bermodalkan aplikasi perkantoran kita bisa membuat konten ODL dengan mudah, dan cantik, permasalahannya pada Moodle yang merupakan aplikasi ODL Open Source aplikasi perkantoran hanya bisa di download, tidak bisa di tampilkan dalam bentuk website
  2. PDF Converter
    Supaya materi yang kita buat dengan aplikasi perkantoran dapat ditampilkan berbasis web, sebaiknya kita ubah format nya kedalam bentuk PDF. Untuk mengubah format tersebut kita bisa menggunakan aplikasi PDF Converter baik yang bayar maupun yang gratis, tinggal tanya saja sama oem Google.
  3. Camtasia Studio, Snagit, CamStudio
    Untuk materi2 TIK, biasanya kita ingin membuat Video Tutorial, dengan aplikasi ini, video tutorial akan mudah dibuat karena aplikasi tersebut memungkinkan kita mengcapture layar komputer kita dengan mudah.
  4. Microsoft Movie Maker
    Aplikasi ini memungkinkan kita untuk melakukan proses editing video pembelajaran yang kita buat, mudah digunakan dan sudah terintegrasi dengan Windows kita
  5. AuthorPoint Lite
    Program ini berfungsi mengubah file presentasi power point kedalam bentuk animasi flash sehingga dapat langsung ditampilkan kedalam browser dan siswa tidak perlu lagi mendownload file2 presentasi yang kita buat.
  6. Microsoft Producer
    Aplikasi ini memungkinkan kita merekam ceramah kita dengan bantuan Power Point, sehingga kita seperti membaca berita saja. tentunya dibutuhkan peralatan tambahan seperti Web Cam dan Microphone.
  7. Notepad
    Jangan dianggap remeh teks editor bawaan windows ini, akan sangat berguna dalam membuat konten bahkan sebaiknya soal2 yang kita buat diketik menggunakan notepad (lain kesempatan saya akan menerangkan format penulisan soal yang bisa di import kedalam moodle). Jika kita ingin mengetikkan konten yang akan di copy-paste kedalam moodle sebaiknya kita kita ketik dengan notepad, tidak saya sarankan mengetik menggunakan word, karena sebenarnya word memiliki format penulisan tersendiri yang akan ikut saat kita melakukan copy-paste kedalam HTML Editor milik Moodle akibatnya tulisan kita akan kacau. Kesimpulannya jangan remehkan notepad OK!.

About ariemusbandi

Guru Nge-Blog dari SMK Negeri 1 Tebas, Kec. Tebas, Kab. Sambas Prov Kalbar

Posted on 22 Oktober 2009, in Open Distance Learning and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: