Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing)


1. Pengertian

Model pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan analogi tentang situasi permasalahan kehidupan yang sebenarnya.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Fase pertama  memotivasi kelompok dengan mengidentifikasi dan menjelaskan masalah, menginterpretasikan; mengekplorasi isu-isu, menjelaskan peran.
  2. Fase kedua, memilih peran.
  3. Fase ketiga, menyiapkan pengamat.
  4. Fase keempat, menyiapkan tahap-tahap peran.
  5. Fase kelima, pemeranan.
  6. Fase keenam, diskusi dan evaluasi.
  7. Fase ketujuh, pemeranan ulang.
  8. Fase kedelapan, diskusi dan evaluasi.
  9. Fase kesembilan, membagi pengalaman dan menarik generalisasi.

About ariemusbandi

Guru Nge-Blog dari SMK Negeri 1 Tebas, Kec. Tebas, Kab. Sambas Prov Kalbar

Posted on 2 November 2011, in GuBlog. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: