Model Pembelajaran Project Work


Project work adalah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik pada prosedur kerja yang sistematis dan standar untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk (barang atau jasa), melalui proses produksi/pekerjaan yang sesungguhnya. Model pembelajaran project work sering digunakan untuk program pembelajaran produktif.

Langkah-langkah pembelajaran project work

1. Perencanaan Project Work

a. Inventarisasi jenis pekerjaan (job), standar kompetensi dan produk yang dapat dihasilkan.

1) Inventarisasi Standar Kompetensi Lulusan

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi standar kompetensi (SK) yang terdapat dalam kurikulum/silabus.

SK1 …………………………..

SK2 …………….……………..

SK3 …………….……………..

Dst ……….…………………….

b. Inventarisasi Pekerjaan (Job)

Pendataan jenis pekerjaan (job) dapat mengacu: kepada jenis pekerjaan yang ada di kurikulum, Standar Kompetensi Kerja (SKK) yang berlaku, dan atau standar pekerjaan lain yang ada di DU/DI/masyarakat. Setiap kompetensi keahlian pada umumnya memiliki lebih dari satu bidang/jenis pekerjaan yang dapat di isi oleh lulusan.

P.1 ………………………………………….

P.2 ………………………………….………

P.3 …………………………………..………

Dst.

c. Inventarisasi Produk (Barang/Jasa) Setiap Pekejaan

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengiden-tifikasi produk yang dapat dihasilkan oleh setiap bidang/jenis pekerjaan sehingga peserta didik memilki orientasi produk yang akan dihasilkan pada setiap pembelajaran.

Tabel 1. Daftar Nama Produk Setiap Bidang Pekerjaan

No

Bidang/Jenis Pekerjaan

Nama Produk (barang/Jasa)

1

P1

Pr1
Pr2

2

P2

Pr3
Pr3

3

P3

Pr4
Pr5

d. Analisis Standar Kompetensi Terhadap Produk (Barang/Jasa)

Hasil inventarisasi standar kompetensi lulusan, bidang pekerjaan, dan produk tersebut, selanjutnya dianalisis standar kompetensi yang dibutuhkan untuk menghasilkan setiap produk dan bidang pekerjaan dengan menggunakan tabel 2.

 Tabel 2. Analisis Standar Kompetensi Terhadap Jenis Produk

     Standar

Kompe-

tensi /

Produk

Kode Standar Kompetensi

SK1

SK2

SK3

SK4

SK5

SK6

SK7

SKn

Pr1
Pr2

Pr3
Prn

Baris pada kolom 1 diisi kode produk (nama barang/jasa), sedangkan kolom berikutnya diisi dengan kode Standar Kompetensi hasil inventarisasi (Kurikulum/Silabus).

Menentukan standar kompetensi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan produk (barang/jasa) dengan memberi tanda cek (√) pada kolom standar kompetensi terkait.

Hasil analisis Standar Kompetensi terhadap Jenis Produk pada tabel 2 dapat dimaknai sebagai berikut.

  1. Produk (Pr1) dapat dikerjakan pada pembelajaran SK1, SK2, SK4
  2. Produk (Pr2 ) dapat dikerjakan pada pembelajaran SK1, SK2, SK3 dan SK 5, demikian selanjutnya untuk Produk yang lain.
  3. Produk (Pr1) dan (Pr2 ) dapat digunakan sebagai pilihan peserta didik sebagai media pembelajaran SK1 dan SK2
  4. Setelah seluruh standar kompetensi teridentifikasi terhadap produk yang ada, maka guru menetapkan alternatif produk yang akan dikembangkan untuk setiap standar kompetensi yang dipelajari. Alternatif produk dapat dipilih oleh peserta didik.

e. Penetapan Bukti Belajar/Evidence of Learning

Berdasarkan hasil analisis standar kompetensi terhadap produk, guru diminta untuk menetapkan bukti-bukti belajar (Evidence Of Learning) yang akan digunakan sebagi acuan dalam penilaian hasil belajar peserta didik.

2. Pelaksanaan Model Pembelajaran Pendekatan Project Work

Pembelajaran dengan pendekatan Project Work dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

a. Guru menyampaikan:

  1. tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  2. strategi pembelajaran dengan pendekatan project work
  3. alternatif judul/nama produk/jasa yang dapat dipilih peserta.
  4. ruang lingkup standar kompetensi yang akan dipelajari oleh peserta didik untuk setiap judul/nama produk/jasa
  5. menyusun dan menetapkan pedoman penilaian kompetensi sesuai dengan judul project work
  6. memfasilitasi bimbingan kepada peserta didik dengan memanfaatkan lembar bimbingan.

b. Peserta didik

1. memilih salah satu judul/nama produk/jasa. Dan menyusun rencana Project Work sesuai dengan judul yang dipilih. Kerangka rencana Project Work sebagai berikut.

1) LATAR BELAKANG

2) KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUK/JASA.

3) SKETSA/GAMBAR KERJA (jika diperlukan)

4) BAHAN PRODUKSI

5) FASILITAS/PERALATAN PRODUKSI

6) PROSES PRODUKSI

  • RENCANA ANGGARAN BIAYA
  • SASARAN PASAR/KONSUMEN
  • JADWAL PELAKSANAAN

2. melakukan proses belajar sesuai dengan proses produksi yang telah direncanakan. Kegiatan dilakukan sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam proposal di bawah bimbingan dan pengawasan guru. Proses belajar menekankan pada pencapaian standar kompetensi yang dibuktikan dengan bukti belajar (learning evidence) dan diorganisasi dalam bentuk portofolio.

3. mengorganisasi bukti belajar sebagai portofolio.

4. melaksanakan kegiatan kulminasi (presentasi/ pengujian/penyajian/display).

5. menyusun laporan sesuai dengan pengalaman belajar yang diperoleh.

 

3. Penilaian Hasil Belajar

Penilaian hasil belajar dengan pendekatan project work pada dasarnya adalah penilaian standar kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, kesesuaian produk/jasa, dan kesesuaian waktu pelaksanaan. Komponen project work yang dinilai terdiri dari penyusunan rencana Project Work, pelaksanaan proses produksi, laporan, kegiatan, dan kulminasi (presentasi/ pengujian/penyajian/display).

Peserta didik dinyatakan kompeten apabila memenuhi standar minimal yang dipersyaratkan pada indikator dari setiap kompetensi dasar. Penetapan pencapaian nilai mengacu pada Pedoman Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik SMK.

 

 

 

About ariemusbandi

Guru Nge-Blog dari SMK Negeri 1 Tebas, Kec. Tebas, Kab. Sambas Prov Kalbar

Posted on 2 November 2011, in GuBlog. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: